Visualisasi dan Servomechanism dalam Trading - by Ellen May

Bookmark and Share
servomechanism
Alam bawah sadar bekerja secara otomatis dalam merespon tujuan yang tidak lain adalah self image kita. Sistem otomatis dari alam bawah sadar kita dalam mengejar gambar diri kita disebut dengan Servo Mechanism (Maxwell Maltz). Nah, mekanisme alam bawah sadar kita bisa menjadi mekanisme keberhasilan / kegagalan, tergantung pada self image kita. Sekalipun kita ingin sukses, tapi jika self image kita rusak, maka sekeras apa pun kita berusaha akan sangat sulit untuk sukses! Demikian juga trader, jika self image seorang trader sudah rusak, maka sekeras apa pun ia berusaha akan sangat sulit berhasil!

Self image terbentuk sedikit demi sedikit dari masa lalu dan lingkungan. Self image yang baik membuat orang lebih mudah berhasil. Oleh karena itu, hati-hati berbicara pada anak kita dan diri kita sendiri. Cap negatif dan pengalaman pahit dapat merusak self image. Coba pejamkan mata kita, apa yang kita lihat 5-10 tahun ke belakang? Pejamkan lagi mata kita, apa yang kita lihat saat ini ? Sudah ..? Sekarang, pejamkan lagi mata kita, apa yang kita lihat dalam 5-10 tahun ke depan? Seperti apakah kita saat itu? Nah itu adalah self image kita, bagus atau buruk hanya kita yang tau! Selamat jika kita punya self image bagus. Tapi jika punya self image yang negatif, bagaimana mengubahnya? Contoh : Trader yang pernah rugi besar, dalam benaknya pasti terlihat ketika ia sedang mengalami kerugian. Kabar baiknya, alam bawah sadar bisa dimanipulasi! Ia tidak bisa membedakan antara image yang nyata dan image khayalan kita! Image adalah makanan bagi alam bawah sadar kita. Jika self image asli kita rusak, buat self image yang baru!

Lakukan visualisasi sedetil-detilnya. Bayangkan sedetil mungkin image baru kita. Gunakan panca indera kita. Misal : Bayangkan kita trader yang berhasil, ketika memperoleh keuntungan saat trading..gunakan panca indera ketika kita menelepon broker, ketika kita klik mouse, ketika sedang menganalisis, bayangkan sedetil mungkin. Alam bawah sadar kita tidak bisa membedakan mana kenyataan dan mana image manipulasi kita. Tanpa sadar, alam bawah sadar kita otomatis mencari segala macam cara (servo mechanism) untuk mewujudkan image baru kita. Cara ini harus dilakukan secara konsisten dan berulang! Bisa dimanfaatkan untuk trading / bidang lainnya. Lebih jelas tentang Visualisasi dan Servo Mechanism dari alam bawah sadar kita , baca buku Ellen May "Smart Traders Not Gamblers" bab 10-11.

Sumber dari Kultwit tentang investasi saham oleh Ellen May

semoga bermanfaat... keep blogging!!!

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger