Obat Herbal Tulsi (Ocimum sanctum)

Bookmark and Share

Herbal adalah bagian tumbuhan atau tanaman yang digunakan untuk rasa, bau atau sifat terapeutik. Di antara herbal utama adalah Ocimum sanctum (Holy basil), yang disebut Tulsi di India atau Kemangi di Indonesia. Tulsi adalah tanaman paling umum dan paling dihormati dari semua tanaman di India, yang ada di mana-mana dalam tradisi Hindu. Perannya sebagai ramuan penyembuhan sangat penting. Tulsi adalah tanaman beraroma manis, tegak puber, tinggi 30-100 cm, tumbuh dalam kelimpahan dekat bidang kebun dan lahan limbah.

Varietas

Ada tiga varietas Tulsi:
  • Krishna Tulsi (Ocimum sanctum)
  • Rama Tulsi (Ocimum sanctum)
  • Vana Tulsi (Ocimum gratissimum)

Kandungan Kimia

Berbagai senyawa biologis aktif telah diisolasi dari daun Tulsi, termasuk asam ursolat, apigenin dan luteolin.

Kegunaan Tulsi

Tanaman Tulsi memiliki banyak kegunaan pada manusia, baik daun, biji maupun seluruh bagian lain dari tanaman. Berikut adalah beberapa dari banyak manfaat Tulsi untuk pengobatan:
  • Dari efek farmakologis, dalam sistem tradisional obat Ayurvedic, beberapa sifat obat telah dikaitkan dengan tanaman ini. Studi farmakologi terbaru telah membuktikan tanaman ini sebagai anabolik hipoglikemik, relaksan otot polos, depresi jantung, antifertilitas, adaptogenik dan mempunyai sifat imunomodulator.
  • Dari segi efek antimikroba, minyak atsiri dari Tulsi memiliki kegunaan sebagai antibakteri, antijamur dan antivirus yang menghalangi pertumbuhan E. coli , B. anthracis, M. tuberculosis dan lainnya. Sediaan yang mengandung ekstrak Tulsi secara signifikan mempersingkat penyakit, gejala klinis dan parameter biokimia pada pasien dengan virus hepatitis dan virus ensefalitis.
  • Efek antimalaria juga dapat dilihat melalui tanaman Tulsi ini. Minyak atsiri dari Tulsi telah dilaporkan memiliki aktivitas larvisida 100% terhadap nyamuk Culex. Pengujian telah menunjukkan aktivitas antimalaria yang sangat baik dari tanaman Tulsi. Ekstrak tanaman itu menunjukkan aktivitas insektisida sebagai obat nyamuk, yang berlangsung selama sekitar dua jam.
  • Dari segi efek imunomodulator, minyak atsiri dari tanaman Tulsi ditemukan memiliki sifat anti-alergi. Bila diberikan pada hewan laboratorium, senyawa itu ditemukan menghambat degranulasi sel mast dan melepaskan histamin di hadapan alergen. Studi-studi ini mengungkapkan peran potensial ekstrak Ocimum sanctum dalam pengelolaan gangguan imunologi termasuk alergi dan asma.
  • Tanaman Tulsi memiliki efek antistress atau efek adaptogenik terhadap manusia. Dari segi efek antifertilitas, salah satu unsur utama dari daun, asam ursolat, telah dilaporkan memiliki aktivitas antifertilitas pada tikus. Efek yang telah dikaitkan dengan efek antiestrogenik itu mungkin dapat menghambat spermatogenesis pada laki-laki dan implantasi sel telur pada perempuan. Ekstrak Tulsi berpotensi menjadi agen antifertilitas tanpa efek samping.
  • Tanaman Tulsi mempunyai efek anti-diabetes. Secara acak, pengujian crossover plasebo terkontrol pada 40 relawan yang menderita diabetes tipe II telah dilakukan. Pada minggu keempat percobaan, subjek bergantian menerima dosis harian sebesar 2,5 g serbuk daun Tulsi atau plasebo selama waktu dua minggu. Hasil penelitian menunjukkan penurunan 17,6% pada glukosa darah puasa dan penurunan 7,3% glukosa darah postprandial pada pengobatan dengan Tulsi dibandingkan dengan kadar glukosa darah selama pengobatan dengan plasebo.
  • Untuk penyakit jantung, tanaman Tulsi memiliki efek positif atas tekanan darah dan ditoksifikasi, di mana penggunaan reguler mencegah serangan jantung. Sebuah tonik dapat dibuat dengan mencampur 1 gram daun kering Tulsi dengan sesendok mentega dan gula permen atau madu, diambil dua kali sehari di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Dengan meminum daun teh Tulsi, tekanan darah dapat terkontrol .
  • Daun Tulsi dalam bentuk pasta digunakan pada penyakit parasit di kulit dan juga diterapkan pada kuku jari tangan dan kaki selama demam ketika tangan dan kaki dingin. Jus daun diberikan dalam radang selaput lendir hidung dan bronkitis pada anak. Tanaman ini disebutkan memiliki efek karminatif, yang mengeluarkan keringat dan sifat stimulan. Tanaman ini digunakan untuk batuk dan juga sebagai cuci mulut untuk menghilangkan sakit gigi. Juga baik digunakan untuk sakit kepala, kejang, kram, demam dan kolera.
  • Daun Tulsi dianggap sebagai adaptogen atau agen anti-stres. Studi terbaru menunjukkan bahwa daunnya melindungi signifikan terhadap stres. Bahkan orang sehat bisa mengunyah 12 daun Tulsi, dua kali sehari, untuk mencegah stress. 
sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger