implementasi komputasi modern pada mobile.computing

Bookmark and Share

Implementasi Komputasi Modern pada Mobile Computing
Mungkin kita bertanya-tanya apa sih yang di maksud dengan komputasi modern ? bias di definisikan bahwa komputasi merupakan cara untuk memecahkan sebuah permasalahan dengan menggunakan algoritma, sedangka untuk modern, komputasi sekarang menggunakan alat-alat yang canggih tidak seperti dahulu yang hanya menggunakan kapur, batu tulis ataupun pena dan kertas. Dari pengartian kata-kata tersebut kita bisa artikan bahwa Komputasi modern adalah merupakan cara pemecahan masalah dengan bantuan computer dimana computer tersebut menyimpan algoritma-algoritma , pemecahan masalah tersebut secara efektif dan efisien.
Komputasi modern bisa memecahkan beberapa masalah perhitungan, yaitu :
Akurasi (bit, floating point)
Kecepatan (dalam satuanHz)
Problem volume besar (paralel)
Modeling (NN dan GA)
Kompleksitas (menggunakan Teori Bog O)
Karakteristik komputasi modern
Karakteristik – karakteristik dari komputasi modern yaitu :
Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Ada beberapa jenis yang dimiliki komputasi modern antarnya :
Mobile Computing
Grid Computing
Cloud Computing
Berikut ini merupakan salah satu implementasi dari komputasi modern.
Mobile Computing
Seiring dengan berkembenbangnya teknologi informasi yang sangat pesat sehingga terciptalah teknologi yang sangan inovatif dimana koninukasi jaringan lebih mudah dan portable sehingga tidak membutuhkan tempat khusus untuk menampatkannya, salah satunya adalah handphone sebuah device yang mudah kita kita bawa kemana-mana tanpa perlu membutuhkan kabel dan sangat mudah di bawa-bawa, cukup kita simpan di saku atau di tas kecil kita. Teknologi ini membantu kita untuk menyelesaikan masalah dan sekarang bisa memenuhi kebutuhan hidupkita di bidang informasi, teknologi ini erat kaitannya dengan proses komputasi yang menjadikannya bermanfaat dalam menyelesaikan masalah maupun pekerjaan.
Mobile computing adalah komunikasi jaringan tampa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat (Portable), tetapi berbeda dengan komputsi modern, contoh dari mobile computing ini adalah GPS, Smart Phone dan lain sebagainnya.
Walaupun teknologi ini sangat maju akan tetapi masih memiliki keterbatasan dan resiko yang dimilikinya, diantarnya yaitu:
Kurangnnya bandwidth
Akses internet yang dimiliki mobile computing lebih lambat dari pada jaringan dengan menngunakan kabel, baru – baru ini mengunakan 3G.
Konsumsi tenaga
Tenaga yang dibutuhkan mobile computing sepenuhnya bergantung pada batrai dan tidak memiliki tenaga tambahan seperti generato atau sumber tenaga lainnya.
Standar Keamanan

Ketika bekerja satu mobile bergantung pada jaringan publik, yang membutuhkan hati-hati menggunakan VPN

Gangguan Transmisi
Gangguan transmisi seringkali terjadi untuk mobile computing ini ketika kita berada pada ketinggian, di dalam gedung, terowongan ataupun didaerah pedalaman yang tidak bisa dicapai oleh sinyal, cucaca yang buruk pun bisa mengganggu transmisi sinyal.
Potensi kecelakaan
Seringkali kita mendengan berita kecelakan terjadi akibat penggunaan mobile computing ketika sedang mengedarai kendaraan, da nada rumor yang menyatakan bahwa sinyalnya dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.
Antar muka pengguna dengan alat
Alat input seperti keyboard dan layar cenderung kecil sehingga agak sulit untuk melihat tulisan pada keyboard. Untuk mode input seperti suara membutuhkan pelatihan untuk bisa menjalankan mobile computing dengan suara.
Sumber:
http://manguri.wordpress.com/2010/04/17/mobile-computing/
http://iiaahhdudul.blogspot.com/2012/03/implementasi-komputasi-modern.html



  

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger