Apa Itu Windows Dressing? Bagaimana Memanfaatkan Windows Dressing?

Bookmark and Share
windows dressing
Perdagangan saham di bursa cenderung menguat jelang musim windows dressing? Apa artinya? Windows dressing merupakan sebuah strategi yang dilakukan oleh Fund Manager untuk meningkatkan kinerja portofolio. Windows dressing juga dilakukan emiten dalam mempercantik laporan keuangannya. Sederhananya, ibarat sekotak box polos, aktivitas windows dressing adalah pita yang mempercantik kotak tersebut. Lalu apa sebenarnya tujuan dari windows dressing ya ?  Kira-kira apa ya ? Windows dressing bertujuan untuk menyajikan gambaran keuangan yang lebih baik. Biasanya praktek windows dressing bertujuan juga untuk mengangkat harga saham sebuah emiten. Windows dressing biasanya dilakukan pada tiap kuartal (per perempat thn atau 3 bulan Maret,Juni,September,dan Desember). Pada bulan Juni-Juli, IHSG juga sempat terdongkrak karena pengaruh keluarnya laporan keuangan bagi emiten. windows dressing

Lalu apa sih yang jadi penyebab windows dressing itu? Ada beberapa hal yang terkait dengan praktek tersebut, apa saja ya? Windows dressing disebabkan karena harapan kinerja emiten di akhir kuartal/akhir tahun yang lebih baik dibanding kuartal/tahun sebelumnya. Ini juga yang menjadi jawaban: mengapa dalam siklus setahun, jelang akhir Maret-awal April biasanya saham menguat, yaitu karena windows dressing kuartal 1. Demikian pula ketika menjelang akhir Juni -Juli, bursa saham biasanya menguat karena pengaruh windows dressing semester 1. Pada akhir tahun / bulan Desember, market juga berpotensi untuk menguat karena windows dressing akhir tahun. Terutama pada akhir Desember karena pada masa ini juga merupakan masa tutup buku tahunan, windows dressing biasa lebih terasa. Windows dressing yang muncul satu tahun sekali di akhir tahun memiliki daya akurasi lebih tepat dibanding dengan kuartal / semester. Windows dressing cukup jelas terjadi pada tahun 2006, 2007 dan 2008. Untuk window dressing akhir tahun pada tahun 2009 dan 2010 tidak telalu mencolok. Sedangkan di akhir tahun 2011 windows dressing tidak terlalu nampak karena melemahnya perekonomian global. Pada 2011-2012, pelaku pasar cenderung hati-hati terhadap aset mereka karena kekhawatiran akan semakin memburuknya ekonomi dunia. 

Ingin memanfaatkan fenomena windows dressing ? Investor harus memilih saham yang menjadi pendorong utama indeks. Biasanya saham penggerak indeks adalah bluechips, perusahaan berkapitalisasi besar dan tergabung dalam LQ-45. Windows dressing terjadi di IHSG, bukan berarti terjadi pada semua saham. Pemilihan saham yang salah juga dapat menyebabkan kerugian. Sebaiknya tetap konfirmasikan dengan analisis teknikal dan tidak sekedar merespon keluarnya laporan keungan suatu emiten dalam windows dressing.

Sumber dari Kultwit tentang investasi saham oleh Ellen May

semoga bermanfaat... keep blogging!!!

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger