Sebuah “Gunung Berapi Super” Ternyata Bersembunyi di Dekat Pompeii

Bookmark and Share
reruntuhan pompeii

Di seberang teluk Naples dari Pompeii, di mana ribuan orang terbakar hidup-hidup oleh Gunung Vesuvius pada tahun 79 Masehi, terletak sebuah gunung berapi super (Super Volcano) yang tersembunyi, dan bisa membunuh jutaan orang jika meletus, menurut para ilmuwan.
Lumpur mendidih dan lubang uap belerang dari wilayah barat Naples, Italia yang dikenal sebagai Flegrei Campi atau Phlegraean Fields, yang berasal dari kata Yunani yang berarti membakar, merupakan daya tarik utama bagi wisatawan.
Tapi zona aktivitas seismik intens yang dahulu dianggap sebagai pintu masuk ke neraka, juga dapat menimbulkan bahaya global, dimana jutaan orang tinggal di atas sebuah gunung berapi super yang berpotensi meletus di masa depan.
“Daerah ini dapat menimbulkan letusan yang dapat memiliki efek bencana global yang sebanding dengan dampak yang diitimbulkan dari benturan meteorit raksasa,” kata Giuseppe De Natale, kepala dalam sebuah proyek yang memantau aktivitas kaldera gunung berapi super itu, dengan membor jauh kedalam bumi.
Salah satu dampak dari hantaman meteorit diperkirakan sebagai penyebab punahnya dinosaurus pada 65 juta tahun yang lalu, ketika batu luar angkasa ini jatuh dan membuat bumi diselimuti kegelapan.
Para ilmuwan berencana untuk mengebor sejuah 3,5 km di bawah permukaan bumi untuk memantau ruang besar berisi batuan cair di dekat Pompeii, dan memberikan peringatan dini jika ada letusan apapun yang dapat membuat kaldera vulkanik dengan lebar 13 kilometer ini runtuh.
Flegrei Campi hampir serupa dengan kaldera Yellowstone di negara bagian Wyoming, Amerika Serikat. Namun Flegrei Campi mendapatkan perhatian yang lebih karena gunung berapi super ini berada di area yang dihuni oleh sekitar 3 juta orang di pedalaman Naples.
“Flegrei Campi yang padat penduduknya akan sangat terpengaruh, bahkan letusan yang kecil pun dapat menimbulkan risiko bagi penduduk,” kata De Natale, dari observatorium Vesuvius di Institut Nasonal Italia untuk Geofisika dan Vulkanologi, kepada Reuters.
De Natale menegaskan bahwa itulah sebab mengapa Flegrei Campi mutlak harus dipelajari dan dipantau.
Namun, proyek pengeboran ini ditentang oleh beberapa ilmuwan lokal yang mengatakan pengeboran itu sendiri bisa menyebabkan letusan yang berbahaya atau gempa bumi.

source: http://www.berita.manadotoday.com/sebuah-gunung-berapi-super-ternyata-bersembunyi-di-dekat-pompeii/18515.html

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger