Hati-Hati ! Berenang Dapat Menyebabkan Sel Kanker

Bookmark and Share

Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang paling disukai masyarakat luas. Bahkan mungkin diantara sobat-sobat sekalian pasti ada yang suka dengan olahraga ini.
Berenang juga bukan sekedar olahraga biasa melainkan kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun tahukah sobat kalau terlalu sering berenang di tempat umum ternyata berbahaya karena dapat menyebarkan sel kanker di seluruh tubuh sobat.  Mau tahu kenapa bisa begitu??

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahaya jika sobat sekalian sering berenang di kolam renang umum yang disinyalir dapat menyebarkan kanker.

Seperti yang kita ketahui, di dalam air kolam renang itu tidak sehat karena di dalam air kolam renang terdapat terdapat zat pembasmi kuman disinfektan dan yang parahnya lagi pasti ada pengguna yang kencing dan berludah sembarangan dan sudah pasti air kolam renang itu kotor bukan?

Disinfektan yang berfungsi untuk menjaga air kolam terbebas dari penyakit ini, jika bereaksi dengan urine dan rambut berisiko menyebabkan penyakit asma dan kanker kandung kemih.

Sementara jika bereaksi dengan produk kosmetik yang umumnya dikemas dengan unsur nitrogen, dapat membentuk senyawa beracun yang mampu memicu mutasi genetik pada manusia. Dalam jangka panjang, mutasi ini dapat menyebabkan cacat lahir, mempercepat proses penuaan, menyebabkan gangguan pernapasan, dan juga kanker.

University of Illinois mencoba melakukan penelitian dengan membadingkan air keran biasa dengan beberapa air kolam renang yang di pilih secara acak dengan mengunakan teknologi DNA mereka menemukan bahaya air pada kolam renang ternyata lebih berbahaya karena air pada kolam renang dapat menyebabkan kerusakan sel pada manusia .

“Penelitian ini membandingkan metode penggunaan di-desinfeksi yang berbeda dengan kondisi lingkungan. Hasil penelitian kami membuktikan bahwa semua sampel air kolam yang telah di-desinfeksi menunjukan kerusakan DNA lebih banyak dibandingkan dengan sumber air keran,” ujar pemimpin penelitian, Profesor Michael Plewa.

“Semua sumber air memiliki bahan organik yang berasal dari daun membusuk, mikroba dan makhluk hidup lainnya yang telah mati,” lanjutnya.

Menurut Michael, ada beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak tersebut, di antaranya dengan memperhatikan pemilihan jenis disinfektan dalam pemeliharaan kolam renang. Hindari pula bahan yang mengandung bromin kimia sebagai disinfektan air kolam.

“Metode terbaik untuk melindungi air kolam adalah mengkombinasikan perawatan sinar UV (ultra violet) dengan klorin dibandingkan dengan hanya klorinasi,” ujarnya.

Namun sobat jangan khawatir ada cara yang bisa dilakukan agar kerusakan sel dalam tubuh sobat tidak rusak saat berenang di kolam renang yaitu dengan cara sobat harus mandi dulu sebelum terjun ke kolam renang. Cara ini cukup ampuh di sebabkan karena beberapa zat kimia yang ada di tubuh kamu sudah hilang dan tidak akan bereaksi dengan zat Disinfektan yang ada di kolam renang.

Selain itu pengelola kolam renang juga harus sering mengingatkan bahaya jika membuang air kecil di dalam air kolam renang dan mungkin dengan cara ini bisa mencegah kerusakan sel tubuh ketika sedang berenang. 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger