Cara Menyikapi Resiko Dalam Sebuah Investasi

Bookmark and Share
Resiko Dalam Investasi
Benarkah kalau kita ingin untung besar harus berani ambil resiko besar ? Kira-kira jawabnya gimana ya? High Risk High Rewards sangat akrab bagi kita sehingga timbul persepsi kalau mau untung besar harus berani ambil resiko. Benarkah? Yuk kita belajar dari Warren Buffet sang investor legendaris, apa kira-kira pendapatnya tentang resiko investasi ? Kata Warren Buffet : Resiko muncul karena ketidaktahuan kita akan apa yang kita lakukan ! Jadi kesimpulannya, yang membuat sebuah investasi jadi beresiko adalah rendahnya pengetahuan investor terhadap investasi tersebut. Ketika kita memiliki sebuah pemahaman menyeluruh tentang sebuah investasi maka sebuah investasi tidak lagi beresiko! Para investor terbesar di dunia bukanlah seorang risk taker, namun mereka sangat membenci resiko.

Warren Buffet mempunyai prinsip yang sangat keras yaitu : never lose your money. Apa artinya ? Never lose money bukan berarti bahwa ia bersikap kaku, namun hal itu berarti bahwa ia sangat berhati-hati dalam investasi. Seorang investor sejati menghabiskan waktu lebih lama untuk mempelajari investasinya. Bagaimana mungkin Warren Buffet bisa belajar terus untuk invetasinya ? Mengapa ia bisa berhasil meminimalkan resiko? Warren Buffet sosok investor teladan kelas dunia, ia mencintai investasinya, dan tidak sekedar mengejar uang. Maksudnya? Petinju kebanggaan Indonesia, Chris John tidak bertinju demi uang, namun karena ia mencintai olahraga tinju! Michael Jackson tidak bernyanyi demi uang, tapi karena ia benar-benar mencintai dunia seni tarik suara! Demikian pula, sebagai seorang investor / trader, kita juga harus punya gairah dan mencintai bidang ini.

Jika kita tidak punya gairah / passion dalam investasi kita, lebih baik percayakan investasi kita pada manajer investasi. Gairah untuk terus belajar akan membuat kita dapat meminimalkan resiko karena pengetahuan semakin tinggi. Ketika resiko mengecil, maka profit akan menghampiri kita dengan sendirinya tanpa kita harus mengejarnya. Persis dengan atlet dan penyanyi-penyanyi terkenal itu. Ketika mereka mencintai bidangnya dan berlatih dengan gairah, kesuksesan menghampiri. Jadi, sekali lagi, tidak benar bahwa untuk memperoleh profit yang besar maka kita harus berani ambil resiko. Supaya bisa memperoleh profit konsisten, kita hanya perlu untuk terus belajar dan memahami investasi kita. Jika saja semua orang mau belajar lebih dulu sebelum berinvestasi, maka tidak akan ada yang menjadi korban penipuan investasi.

Sumber dari Kultwit tentang investasi saham oleh Ellen May

semoga bermanfaat... keep blogging!!!

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger